Pages

08 July, 2010

Membuat Module di Framework Codeigniter

Met siang semuanya. Kali ini saya mau share tentang bagaimana membuat module di Codeigniter. Pasti semua dah tau kan, apa itu Codeigniter?. "CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal." (sumber : wikipedia).

Bagi temen-temen yang udah pernah pake pasti udah tau apa itu Model, View , Controller (bagi yang belum tau cari referensi sendiri ya :D ). Dalam default core Codeigniter, penempatan Controller telah disediakan dalam folder system\application\controllers, Model di dalam folder system\application\models dan View ada di dalam folder system\application\views. Kalo misal website kita ada 100 halaman (asumsikan 1 halaman 1 controller) maka didalam folder controller akan ada 100 file controller, memang kalo dilihat dari segi efisinesi hal itu sangat efisiensi kita nggak perlu buka folder sana-sini untuk mengedit file controllernya. Tapi bagaimana jadinya kalau kita sedang mengedit file controler News, kita juga pengen edit file Model News dan views News, bolak-balik lagi deh buka folder. Nah pernahkah temen-temen berpikir untuk membuat modul-modul agar file-file yang berupa Controller, Model dan View tersebut berada dalam satu folder sehingga file-file tersebut tidak terkesan semrawut?


Oke, basa-basinya saya sudahi aja :D biar gak kepanjangan. Berikut ini cara-caranya :
  1. Download Core dari Codeigniternya bisa disini aja kunjungi aja websitenya : http://codeigniter.com.
  2. Extrack dilocalhost temen-temen.
  3. Kalo udah buka file config.php di folder system/application/config/config.php. Pada baris :


    $config['base_url'] = "http://example.com/";
    ganti dengan url host tempat temen-temen naruh file core codeigniternya.


    $config['base_url'] = "http://localhost/www/CODEIGNITER";
    //ini tempat instalasi core codeigniter saya, bisa berbeda dengan teman2
  4. Kalau udah diubah file config.php-nya. Sekarang coba akses file Codeigniter teman-teman. Kalo muncul halaman seperti ini berarti instalasi sukses.
    Default Sukses
  5. Kalo udah, temen-temen harus download Module Extension yang emang sengaja disediain untuk membuat module pada Framework Codeigniter. download disini. Kalo udah didownload extract file downloadan tersebut di folder \system\application\libraries.
  6. Kalo file Module Extension udah diextract di folder \system\application\libraries. Buatlah folder dengan nama "modules" di \system\application\. Jadi nanti struktur folder akan jadi seperti ini :Struktur Folder
  7. Kalo folder modules udah dibuat, sekarang saatnya kita membuat folder-folder modul yang ingin kita pakai untuk menempatkan file controller, model dan views. Dari bawaan core Codeigniter didalam folder system\application\controller akan ada file welcome.php (default controller bawaan Codeigniter). Maka agar lebih mudah kita akan buat module dengan nama welcome.
  8. Buatlah folder dengan nama welcome didalam folder system\application\modules\. Setelah itu, buat lagi 3 folder didalam folder welcome dengan nama Controllers (untuk menempatkan file controller), Models (untuk menempatak file model), Views (untuk menempatkan file view).Module
  9. Kalo udah, buka folder system\application\controllers, pindahkan file welcome.php ke dalam module welcome tadi ke path foldernya system\application\modules\welcome\controllers, begitu juga dengan viewnya tempatkan di dalam folder views dan model didalam folder models. Pokoknya semua file-file controler, view, model yang ada di path default bawaan Codeigniter dipindahkan ke dalam folder modules sesuai dengan module yang temen-temen buat. (Nama controllers harus sama dengan nama modulenya).
  10. Kalau sudah, coba akses Url tempat instalasi Codeigniter temen-temen di browser, kalo tampilan sama dengan yang tadi (lihat opsi no 4, maka temen-temen berhasil membuat module di Codeigniter).
  11. Dengan cara yang sama, saya juga telah membuat module news.
Okeh....!!! Mungkin itu yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat. Silahkan temen-temen kembangkan sendiri jika ingin membuat aplikasi yang lebih kompleks. Mohon maaf jika ada salah kata (penulisan kata yang amburadul) :D ....

No comments: